Senin, 15 September 2008

Be Effective in Search Engine (1)

Search Engine sekarang sudah bisa dibilang salah satu tools dalam kerja atau melakukan kegiatan apapun. Dan karena saya menghabiskan di online media jadi memang Search Engine adalah keseharian kita. Dan dari situ kita bisa punya jawaban untuk apapun.

Ini juga jadi habbit hampir sebagian besar mereka yang menggunakan internet. Studi yang dilakukan salah satu lembaga research bahkan ada yang menemukan bahwa Yahoo dan Google adalah 2 situs yang paling banyak dibuka oleh pengguna internet di Indonesia sewaktu mereka online di rumah/warnet/kantor.

Mendapat jawaban apapun di Search Engine itu memang dalam arti yang sebenernya. Saya sekarang untuk tahu alamat dan nomer telpon automatically mencari di SE dibanding nelpon ke 108. Atau mungkin saya baru kenalan sama orang dan tertarik untuk tahu lebih jauh tentang orang itu, biasanya saya langsung ketik namanya yang ada di Business Card dia dan Search.

Atau beberapa waktu lalu ada teman dapet tawaran kerja di Google, teman saya penasaran ini orang dari Google beneran bukan sih, saya cari langsung saja dan ternyata memang beneran orang Google. Banyak HRD di perusahaan juga yang sebelum merekrut karyawan mereka biasanya cari dulu di Search Engine. Jadi memang benar-benar pintu dari segala informasi yang ada saat ini.

Untuk menghemat waktu, berikut beberapa tips bagaimana menggunakan SE yang efektif :

1. Sebenarnya yang penting adalah pakai logika yang baik untuk melakukan pencarian serta gunakan kata-kata spesifik untuk membantu pencarian. Sebaiknya menggunakan kombinasi 2 kata supaya jawabannya tidak terlalu luas.

2. Untuk proses pencarian, tidak usah pusing sama huruf besar kecil karena kalau nulis misalnya sastro menggolo, pake sastro menggolo, Sastro Menggolo dan SaStRo mEnGgOlO hasilnya akan sama saja. Mesin pencari tidak membedakan huruf besar dan kecil.

3. Jangan ketikkan pertanyaan, tapi coba untuk mengetikkan seperti sebuah fakta atau pernyataan. Misalnya untuk tahu berapa tinggi tugu muda, jangan ketik berapa tinggi tugu muda, tapi coba tinggi tugu muda * m

Selain itu sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat proses pencarian di search engine jadi lebih efektif, dan sebagai hasilnya bisa mempercepat proses pencarian.

1. Frase Match
Langsung pake contoh ya, misal mau cari apotik sehat, dengan yang biasa seperti ini Google akan mencari kata apotik sendiri & jaya sendiri, kemudian hasilnya dijadiin satu.
Untuk bisa dapet bener-bener apoik jaya dalam rangakaian kata bisa pake tanda kutip ganda (double quotes). Jadi ”apotik sehat”.
Nah nanti hasilnya adalah persis apotik sehat (nggak sendiri2).
Ini bisa diganti juga dengan dashed (-) atau dot/titik (.).

2. Filterize
Terus juga bisa eliminir salah satu kata kunci dengan tanda minus (-) misalnya mau nyari apotik sehat tapi bukan di daerah pemuda, bisa dicari ”apotik sehat” – pemuda. Hasilnya adalah apotik sehat yang bukan berada di daerah jalan pemuda.

3. Range
Atau misalnya lagi nyari hanphone baru dan Cuma punya budget antara 1 – 2 juta, nah bisa nyari-nyari hp apa saja yang ada di dalam budget itu. Caranya: ketik aja handphone 1000000…2000000. Dan akan mendapatkan hasil pencarian hp dengan harga diantara 1-2 juta. Jadi fungsi … untuk mencari nilai diantara dua angka yang mengapit.

4. Fill in
Dengan tanda bintang (*) kita bisa minta google untuk menyisipkan segala data diantara keyword search kita.
Misal: tinggi tugu muda * m
Ini berarti nyari tinggi tugu muda entah berapa dalam meter.